Sabtu, 03 Juni 2017

Tantangan level 1 (day3)

Tantangan level 1
Komunikasi Produktif

Hari ini seharian cuaca mendung seharian, gerimis, dingin. Teteh giza jadinya beser, sebentar-sebentar bilang minta pipis. Baru beberapa menit main, pipis lagi, sampai-sampai ga tahan dan pipis di celana. Mau marah, tapi kasihan, akhirnya dipakaikan popok.
Menjelang sore, ngantuk banget ga tahan, sambil ngelonin dede sophia, ummi juga ikutan tiduran dan tidur beneran. Adek agra merengek minta ummi jangan tidur, untung abi pulang, jadi ummi bisa lanjut tidur sebentar.
Saat masih setengah sadar karena bangun tidur, tiba-tiba teteh giza bilang kalau ingin bab dan tidak tertahan sampai pup di popoknya. Duuuuhhhh rasanya mau marah, intonasi sudah mulai sedikit naik... habis selesai pup, masih beser, sampai ngompol di celana. Antara kasihan tapi kesel juga.... akhirnya males ngomong. Daripada ngomong malah marah.

Sabar....sabar....

Tidak lama dia minta mandi karena mau ikut abi keluar beli lauk untuk buka, mukanya ceria... jadi ga tega untuk ngomel, akhirnya diajak ngobrol aja sambil dipakaikan baju... "tadi waktu ummi tidur, teteh main apa aja sama kaka riri?" Dan dia pun menjawab sambil senyum...

Menjelang tidur malam, adek agra yg tadi ikutan tidur sore, masih belum ngantuk, padahal umminya sudah sangat ngantuk, hari ini benar-benar lemes. De sophia juga nangis minta mimi, tapi de agra ga mau ngalah, dia tetap ingin ditemani tidur lebih dulu. Sudah dibujuk
Ummi: "ummi boboin de sophia dulu ya, adek main dulu sama abi"
Agra: "ga mau, bobo"
Ummi: "de sophianya ikut mimi di kasur adek ya?"
Agra: "ga boleh, ummi bobo"
Abi: "de sophianya mimi aja disana"
Agra masih nolak... biasanya klo sudah seperti ini intonasi akan mulai naik beberapa oktaf, tapi mengingat poin komprod tentang "intonasi dan suara yang ramah" akhirnya dicoba...
Ummi : "tuh adek sophia nangis, katanya pengen ikutan tidur di kasur teteh agra boleh? Pengen tau enak atau ga tidur disini"
Agra: "boleh mi"
Ah akhirnya.... ternyata memang intonasi dan suara yang ramah lebih efektif untuk berkomunikasi dengan anak. Semoga bisa istiqomah mempraktikkannya.

#day3
#Tantangan10Hari
#KomunikasiProduktif
#GameLevel1
#KuliahBunsayIIP
#BunsayBatch2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar