Sabtu, 26 Mei 2018

Pentingnya Membangkitkan Fitrah Seksual Anak (Day5)

Pentingnya Membangkitkan Fitrah Seksual Anak (Day5)
Kelompok 3


Mengenal bagian tubuh pribadi

Bagian tubuh pribadi ini adalah bagian tubuh yang tidak boleh di lihat dan di sentuh oleh sembarangan orang, hanya Ibu dan Ayah yang boleh, yang lainnya harus atas se izin Ibu atau Ayah.
Sebagai muslim, mengajak anak mengenal cara berpakaian yang baik sesuai tuntunan adalah :
a.  Laki laki umumnya berpakaian tidak terlalu ketat dan tipis hingga tidak menampakan bentuk auratnya, karena aurat laki laki di antara pusar sampai kedua lutut, tidak boleh berpakaian atau menggunakan perhiasan seperti yang biasa di gunakan oleh perempuan.

b.  Perempuan, pakaian perempuan itu haruslah menutupi seluruh tubuh kecuali yang boleh terlihat yaitu wajah dan telapak tangan, hijab sampai menutupi bagian dada, pakaian tebal dan longgar hingga lekukan tubuh tidak terlihat, memakai penutup kaki (kaus kaki) dan stoking, tidak boleh berpakaian seperti laki laki atau menggunakan aksesoris seperti yang biasa di gunakan laki laki.


MEDIA EDUKASI
Media edukasi yang disajikan kelompok 3 pada kesempatan kali ini berupa puzzle,  tujuannya mengenai perbedaan laki laki dan perempuan sesuai gendernya,  juga sekaligus mengenalkan batasan aurat.
Media edukasi ini sangat sederhana, nostalgia lagi dengan mainan anak anak jaman dulu,  namanya BP, Bongkar Pasang.
Bahan yang diperlukan :
1. Kertas tebal (concorde)
2. File printable
3. Printer
4. Gunting
5. Spidol/alat tulis
Target usianya : balita
Cara mainnya :
1. Di awal,  kita ajak anak buat aware tentang bagian bagian tubuhnya yang merupakan aurat.  Kita bisa katakan,  "malu ya _(sebutkan nama)_  ngga pakai baju"

*2. Pakai baju dalam.*
Baju dalam ini melindungi organ pribadi kita, aurat terpenting yang harus dijaga.
Ajak anak memilih baju dalam yang sesuai yang mana?  Disini disimulasikan biru 💙untuk laki laki,  dan pink 💗untuk perempuan.

Sambil main kita bisa ajak anak berdiskusi,  misal,  "de,  kalau udah pakai celana dalam dan kaus dalam,  boleh keluar rumah ngga? "

"ngga boleh."
"iya,  malu ya. "

Misal sepeti itu.

*3. Pakaian sudah lengkap*

#BundaSayang
#IbuProfesional
#Tantangan10Hari
#GameLevel11

Tidak ada komentar:

Posting Komentar