Selasa, 06 Februari 2018

Mendidik Cerdas Finansial Sejak Dini (Day 3)

Mendidik Cerdas Finansial Sejak Dini (Day 3)


Sejak masuk TK di Bitung, teteh Giza mulai rutin menabung di sekolah, tidak banyak, tiap hari saya siapkan 10rb untuk uang tabungannya. Kadang saya beri uang selembar 10rb, atau 2 lembar 5rb, bahkan pernah satu kali saya siapkan uang 5 lembar 2rb.
Sambil membiasakan Teteh menabung dari kecil, juga sambil mengenalkan macam-macam nominal uang, dan sedikit logika matematika. Saya juga sudah siapkan celengan di rumah, masing-masing satu untuk Teteh Giza dan Agra.
Selain uang tabungan, biasa saya siapkan uang untuk jajan di sekolah, karena teteh bilang "teman-temannya jajan, tidak bawa bekal" berbeda dengan waktu sekolah di sekolah alam, dimana teteh tiap hari saya bawakan bekal dari rumah. Jadilah saya selalu siapkan uang 2rb an di tas nya. Biasanya teteh jajan sehari 1rb-2rb di sekolahnya, 2rb biasanya dia belikan 2 kue, yang satunya untuk dibawa pulang untuk diberikan pada adiknya. Dan Agra biasanya sangat senang kalau dibawakan jajanan oleh tetehnya dari sekolah. Dia kadang selalu menunggu-nunggu tetehnya pulang untuk sekedar tau apakah tetehnya bawa "oleh-oleh" dari pulang sekolah :).
Selain itu, teteh juga minta disiapkan uang 1rb untuk infak harian di sekolahnya. Saya tanya kenapa 1rb? Dia bilang, harus seribu mi, temen-temen begitu. Rupanya dia melihat teman-temannya juga memberikan uang 1rb saat infak harian di sekolahnya. Saya beri penjelasan, kalau infak itu bisa berapa saja nominalnya, 1rb, 2rb, 5rb, dst., dulu waktu di sekolah alam kan ummi sering kasih 5rb untuk infak jumat, inget ga teteh? Jadi boleh berapa pun, malah dianjurkan untuk memberi infak terbaik sesuai kemampuan kita. Teteh mengerti, tapi dia tetap meminta uang 1rb untuk infaknya :).

#KuliahBunsayIIP
#Tantangan10Hari
#Level8 #RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari
#CerdasFinansial
#Day3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar