Senin, 05 Februari 2018

Mendidik Anak Cerdas Finansial Sejak Dini (Day 2)

Mendidik Anak Cerdas Finansial Sejak Dini (Day 2)


Sore ini Abi ngajak jalan-jalan, rencana mau beli martabak, saat menunggu martabak, tiba-tiba de Agra jatuh, nangis dan minta dibelikan plester. Akhirnya dikatakan, iya habis ini kita beli plester di mini market. Tiba-tiba teteh nyeletuk "sambil beli minum ya mi". Iya boleh.
Sesampainya di minimarket, kami langsung menuju tempat plester, ummi sekalian membeli "stimuno" karena persediaan di rumah sedang habis. Lalu Agra minta dibelikan vitamin C. Karena memang sedang tidak enak badan, bolehlah beli vitamin. Terus pindah ke bagian minuman, teteh memilih susu dan mengambil 2 buah. Kok banyak Teh? Katanya untuk bekal sekolah besok, okay karena susunya selalu habis diminum jadi diijinkan untuk beli 2. Agra pun akan mengambil 2 buah juga rasa stroberi, tapi saya larang karena kemaren dan hari sebelumnya tidak pernah habis, ganti dengan susu yang selalu habis, akhirnya ganti yang rasa coklat.
Mereka lalu minta cemilan, kali ini tidak diijinkan karena kemarin baru dibelikan cemilan, dan kami juga baru saja membeli martabak untuk dimakan di rumah. Mereka pun menurut. Dan kami pun pulang.
Selama ini, saya dan suami biasanya membolehkan "jajan" asalkan jajanannya dimakan sampai habis, jika tidak habis, maka tidak boleh membeli makanan serupa kembali. Dan membeli tidak berlebihan, secukupnya saja, karena pengalaman sebelumnya, beli berapa macam cemilan pun tetap dibuka dalam satu hari, jadi banyak yang terbuang karena tergoda untuk membuka makanan yang baru. Biasanya sebelum berangkat ditanya dulu apa saja yang ingin dibeli. Tapi kadang sulit mengontrolnya saat anak-anak hanya pergi dengan abinya, karena abinya juga suka ngemil, jadi pulang dari minimarket, banyak cemilan yang dibawa pulang 😅.

#KuliahBunsayIIP
#Tantangan10Hari
#Level8 #RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari
#CerdasFinansial
#Day2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar