Kamis, 07 September 2017

Gaya Belajar Anak (Day 1)

Gaya Belajar Anak (Day 1)


Memasuki game level 4, mengamati gaya belajar anak. Kebetulan beberapa hari ini, teteh giza (5y 4m) sedang senang-senangnya menulis dan belajar mengenal abjad. Teteh giza juga sedang terobsesi untuk bisa membaca sendiri dan ingin bisa berbicara bahasa inggris.
Pada kesempatan kali ini, saya mencoba mengenalkan abjad sekaligus mengenalkan beberapa kosakata baru pada teteh giza, temanya sesuai dengan yang sedang ia pelajari di sekolah online nya.
Pertama saya buatkan kartu-kartu huruf dari kertas hvs, hanya kertas polos yang ditulisi abjad, tidak.warna warni karena tidak banyak waktu untuk menyiapkannya.
Saya buatkan 2 set untuk adiknya juga, supaya tidak mengganggu.
Pertama saya acak kartunya dalam posisi terbuka, teteh giza saya minta untuk.mencari huruf yang saya minta, berurutan dari A-Z. Beberapa huruf sebagian besarnya sudah dia kenal dengan baik, beberapa blum dikenal tapi sedikit diberi petunjuk dia bisa menebaknya, dan beberapa lagi belum dia kenal sama sekali.
Selanjutnya meminta teteh giza menyusun huruf-huruf tersebut menjadi nama Giza, Agra, Sophia, Abi dan Ummi.
Teteh giza terlihat tertarik, tapi sempat mengeluh pusing karena huruf teracak.
Akhirnya saya bantu untuk menyusun huruf dgn rapi, dikelompokkan, A-Z.
Teteh giza semakin tertantang untuk menyusun lbh banyak kata-kata. Bulan, Bintang, Matahari, Planet, Komet, Batu, Pasir, Logam, Tanah, Air, Gunung Meletus, Banjir, Angin Topan, kata-kata yang diingatnya saat kelas online. Dia melompat kesana kemari mencari huruf yang diperlukan. Tidak ada lelahnya, sambil sesekali saya tanya, huruf apa saja yang menyusun kata-kata tersebut.

#Day1
#Tantangan10Hari
#Level4
#GayaBelajarAnak
#Kinestetik&Visual
#BunsayIIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar