Jumat, 17 Februari 2017

NHW #4_dina mariyanti

Nice Home Work #4
Mendidik Dengan Kekuatan Fitrah

Minggu ini tugas NHW semakin menantang saja dan semakin lama mengerjakannya, perlu pemikiran yang lebih mendalam... Tetap semangat insyaAllah.

A.  Mari kita lihat kembali NHW#1, apakah sampai hari ini anda tetap memilih jurusan ilmu tersebut di universitas kehidupan ini? Atau setelah merenung beberapa minggu ini, anda ingin mengubah jurusan ilmu yang akan dikuasai?
Ya, saya ingin mengubahnya, saya merasa untuk saat ini dan beberapa tahun ke depan, ilmu parenting adalah ilmu yang harus saya kuasai lebih dulu.  Ilmu pertanian tetap menjadi cita-cita besar saya dan insyaAllah ditargetkan untuk dilaksanakan dalam 3 tahun ke depan, setelah sata lebih memahami karakter ketiga putri saya.

B. Mari kita lihat NHW #2, sudahkah kita belajar konsisten untuk mengisi checklis harian kita?
Masih dalam proses, beberapa indikator sudah mulai dilaksanakan secara rutin.

C. Baca dan renungkan kembali NHW #3, apakah sudah terbayang apa kira-kira maksud Allah menciptakan kita di muka bumi ini? Kalau sudah, maka tetapkan bidang yang akan kita kuasai sehingga peran hidup anda akan makin terlihat!
Seperti yang sudah dijelaskan di NHW #3, bahwa kami sekeluarga saat ini ditempatkan di daerah yang secara fasilitas dan kualitas pendidikan dan kesehatan masih kurang jika dibandingkan dengan pulau Jawa. Kami sekarang tinggal di desa Karang-karangan, Palopo, setelah sebelumnya menetap selama 3 tahun di Kota Baubau. Melihat hal tersebut, tidak menutup kemungkinan kami akan terus dipindahkan ke tempat-tempat yang serupa, dengan fasilitas pendidikan dan kesehatan yang tidak terlalu baik. Maka dari itu, saya bercita-cita untuk setidaknya menorehkan atau meninggalkan sesuatu yang bermanfaat di daerah tersebut terutama terkait pendidikan parenting. Untuk mewujudkan hal tersebut, saya akan bekerja sama dengan teman-teman dalam komunitas HEbAT Palopo yang juga masih sedang merintis. Semoga dapat menjadi inspirasi bagi lingkungan sekitar.

D. Setelah menemukan 3 hal tersebut, susunlah ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan untuk menjalankan misi hidup tersebut.
- Parenting Nabawi
- Shiroh Nabi
- Shiroh Sahabat
- Psikologi
- Ilmu dakwah
- Ilmu kedokteran sederhana

E. Tetapkan milestone untuk memandu setiap perjalanan anda menjalankan misi hidup. KM 0 saya dimulai pada usia 30 thn.
KM 0 -  KM 1 (tahun 1): Menguasai Parenting Nabawi
KM 1- KM 2 (tahun 2): Menguasai shiroh Nabi dan sahabat
KM 2- KM 3 (tahun 3): Menguasai ilmu psikologi
KM 3 -  KM 4 (tahun 4): Menguasai ilmu dakwah
KM 4 -  KM 5 (tahun 5): Menguasai ilmu kedokteran sederhana

F.  Koreksi kembali NHW #2

G. LAKUKAN, LAKUKAN, LAKUKAN, LAKUKAN
Karena perjalanan ribuan mil selalu dimulai oleh langkah pertama.

Salam.
Dina Mariyanti


Tidak ada komentar:

Posting Komentar