Kamis, 03 Agustus 2017

Aliran rasa (melatih kemandirian)

Aliran rasa (Melatih Kemandirian)

Bismillah.....

Setelah kurang lebih 20hari melaksanakan tantangan game level 2, melatih kemandirian, saya baru menyadari bahwa anak-anak masih jauh dari kata mandiri...
Dan saya juga sadar sepenuhnya, kalau dalam melatih kemandirian, perlu kesiapan baik dari anak maupun orang tua, terutama saya yang membersamai anak-anak 24 jam.
Selama ini, ternyata saya terlalu "malas" untuk melatih kemandirian anak-anak dengan alasan "repot karena ada 2 balita dan 1 bayi, tanpa art". Alhamdulillah, dengan adanya tantangan ini, saya mulai mencoba untuk melatih kemandirian anak-anak secara bertahap.

1. Makan sendiri
Kemandirian ini saya latih sekaligus untuk teteh giza dan de agra. Sebagai awalan, saya coba meminta teteh dan adek untuk makan sendiri cemilannya, sedangkan nasi masih saya suapi. Harus bersabar untuk menjaga mulut agar tidak komentar hal-hal negatif. Karena ada bayi, dan di rumah begitu gampang masuk semut yang gigitannya lumayan bikin senut2, jd saya sangat menjaga supaya tidak ada makanan tercecer atau air yang bisa membuat lantai licin. Alhamdulillah, untuk cemilan anak-anak sudah mulai konsisten untuk makan sendiri. Makan nasi masih kadang saya bantu siapkan, mereka yang suap sendiri. Pernah saya katakan pada teteh giza "dulu di sekolah alam teteh kan makan sendiri juga" teteh jawabnya "di sekolah alam juga ibu guru suka bantu suapin kalau ada yang susah, iya bener mi" :D nyerah deh ummi. Saya juga mencoba metode blw untuk de sophia, tapi sepertinya dia belum siap, karena masih sering tersedak, walaupun terlihat dia lebih antusias memegang makanannya sendiri. Tapi lagi-lagi ummi belum siap menghadapi adek yang tersedak :(

2. Membereskan piring bekas makan dan mencucinya
Sebenarnya kemandirian ini ingin saya latih untuk teteh giza. Tapi ternyata adeknya malah ikut2an mau membereskan sendiri piring bekas makannya dan mau mencuci sendiri. Alhamdulillah, bonus. Walaupun sesudahnya baju harus diganti karena basah-basah.

3. Toilet training
Ini untuk de agra, sudah lama saya minta adek untuk pup di toilet, tapi adek masih belum mau, bahkan sempat nangis2 karena merasa saya paksa, padahal sudah dibujuk baik-baik. Sampai suatu hari, adek bilang "ee nya keras mi" saya tawari "ee di kamar mandi yuk, sambil gogo, ga keras, ummi pegangin" alhamdulillah dia langsung mau, dan hari-hari berikutnya juga selalu pup di kamar mandi. Yang menguji itu kalau saat agra bilang mau pup, dan dede sophia nangis, ga tau nya setelah dibawa k kamar mandi dia cuma mau maen air. Hadeuh....
Dan saat dia laporan lagi mau pup ternyata dia cuma bercanda lagi... benar-benar menguji kesabaran ummi :D
Adek juga sebenarnya sudah minta lepas pospak, tapi saya masih blum siap, rencana mau mencoba saat suami libur, tapi kalau suami libur tidak pernah stand by juga d rumah, jd masih belum deh. Sabar dulu ya de, tunggu ummi siap.

4. Meminta dengan bahasa yang baik
Ini saya latih khususnya untuk adek yang masih suka teriak-teriak kalau meminta sesuatu. Alhamdulillah, sekarang sudah berkurang teriak-teriaknya. Teteh giza yang ternyata lebih konsisten dari saya, kalau adeknya meminta sambil teriak, teteh keukeuh ga kasih, dan menunghu adek reda teriaknya, beda dengan ummi yang kadang goyah. Tapi teteh giza ini juga kalau sedang datang ngantuknya, maka manja dan drama nya juga lebih-lebih dari siapapun, tidak bisa dibujuk sama sekali.

Saya selalu merasa, mereka masih anak-anak masih kecil jadi saya merasa wajar kalau saya masih bantu segala sesuatunya, berkaca pada saya dulu, yang walaupun ditinggal ibu untuk bekerja, tapi segala sesuatunya selalu disiapkan ibu, tapi memang hasilnya saya jadi malas dan keterampilan irt benar-benar baru saya lakukan setelah menikah. Saya berharap, anak-anak tidak seperti saya dulu, semoga teteh giza, adek agra dan de sophia dapat lebih mandiri dari ummi dulu. Aamiiin....

Terima kasih iip, sudah memberikan tantangan ini... :D

#DinaMariyanti
#BunsayBatch2
#GameLevel2
#Tantangan10Hari
#MelatihKemandirian



Tidak ada komentar:

Posting Komentar