Kamis, 13 Juli 2017

Melatih kemandirian (1)

Melatih kemandirian Teteh n Adek (1)




Teteh Giza (5 thn 2 bln)
Hari ini saya mulai mencoba untuk membiasakan Teteh membereskan ruangan tempat dia bermain dan membereskan piring bekas makan Teteh k dapur tempat cuci piring. Hari pertama Teteh dengan semangat membereskan ruang TV dan Kamar Tidur. Saya diminta keluar dan dia rapikan sendiri. Saya baru boleh masuk setelah semuanya rapi, dan tentu saja dengan pujian "wah teteh hebat, rapi sekali, terima kasih Teteh".
Piring bekas makannya pun dia rapikan dan simpan d dapur, adek jg ikut bantu membereskan bekas makannya sendiri, alhamdulillah. Hari pertama lancar, semoga ke depannya jg begitu. Terima kasih Teteh.

Adek Agra (2 thn, 3 bln)
Untuk Agra saya coba terapkan "bagaimana mengungkapkan keinginannya saat meminta sesuatu". Berbicara yang lembut, jelas, tanpa teriak atau nangis. Klo perlu tambah cium :D.
Permintaan pertama dan kedua masih lancar, tapi saat tiba siang hari, saat mulai ngantuk, mulai meminta dgn paksa dan tambah tangisan. Ummi sebenarnya enggan mengabulkan, tp abinya bilang "ngantuk mungkin mi" jadilah ummi mengalah.
Saat malam hari kejadian yang sama terulang lagi, meminta sambil disertai rengekan. Kali ini saya coba alihkan, adek coba tarik nafas, terus ulangi tadi minta apa? Alhamdulillah efektif.

#GameLevel2
#BunsayBatch2
#MelatihKemandirian
#HariKe1


Tidak ada komentar:

Posting Komentar